BEDAH BUKU SENYUM NOLINA

BEDAH BUKU SENYUM NOLINA
KUMPULAN CERPEN "SENYUM NOLINA" karya Dedi Saeful Anwar ini sudah bisa dipesan. Harga Rp38.000 (belum ongkir). [Info pemesanan dan penerbitan di FAM Publishing hubungi Call Centre 0812 5982 1511, atau via email forumaktifmenulis@yahoo.com, dan kunjungi web kami di www.famindonesia.com]

Jumat, 24 September 2021

Pemetaan Tujuh Kelompok Aset – Sumber Daya (Tugas 3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya)

 






SD ISLAM KREATIF MUHAMMADIYAH RELIGIUS, UNIK, DAN BERKARAKTER DI TENGAH DINAMISASI PERUBAHAN ZAMAN

 (SEBUAH PEMETAAN SUMBER DAYA SEKOLAH)


Oleh: Dedi Saeful Awar

Calon Guru Penggerak Angkatan-2, Kabupaten Cianjur

 

 

Di tengah arus globalisasi yang tak dapat dibendung, hal ini membuat semua lini kehidupan bergerak dengan cepat. Pekembangan teknologi informasi tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan manusia. Hal ini pula yang menjadi sebuah dilemma yang tidak dapat dihindari. Betapa tidak? Dengan derasnya perubahan zaman ini mau tidak mau manusia harus dapat bertahan di tengah gempuran teknologi yang telah mengambil-alih peran manusia di dalamnya. Saat ini  tak sedikit, banyak sektor pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia telah tergantikan dengan mesin dan teknologi (baca:robot).

Banyak yang menggadang-gadangkan bahwa robot itu lebih cepat, gesit, pintar, akurat dan kelebihan kompetensi lainnya yang melebihi kemampuan manusia. Tetapi sepintar-pintarnya robot, tetaplah manusia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh robot, yaitu: hati dan pikiran! Dengan demikian, sebagai makhluk-Nya yang dianugrahi hati (kalbu) dan pikiran setidaknya manusia harus beryukur dan terus menyalakan cahaya di dalam kalbu dan pikirannya. Salah satunya adalah dengan memberikan Pendidikan yang membetuk jiwa yang sehat dan berkarakter positif yaitu Pendidikan yang berbasis keagamaan dan memiliki visi membentuk Profil Pelajar Pancasila.

Seiring dengan tuntutan zaman tersebut, maka SD Islam Kreatif Muhammadiyah telah siap dan terus berbenah diri. Hal ini tentu saja untuk menjawab segala perubahan yang sangat dinamis agar menjadi Lembaga Pendidikan yang dipercaya masyarakat dan pemerintah dalam menghasilkan generasi yang Cerdas, Kreatif, Reliji, dan, Juara seiring dengan cita-cita dan filosofi Pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara bahwa Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan yang diyakini dapat menciptakan manusia Indonesia yang beradab.

 Sebagai sekolah yang berada di pusat perkotaan dengan letak yang strategis di bilangan Jalan KH. Abdullah bin Nuh, No. 64, tentu merupakan sebuah keuntungan. Berikut pemetaan 7 aset yang dimiliki SD Islam Kreatif Muhamamdiyah Cianjur.

1.              Sumber Daya Manusia (SDM)

Sekolah Dasar Islam Kreatif menjadi sekolah swasta rujukan Nasional di Kabupaten Cianjur dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sejak tahun 2018. Kemudian pada tahun 2020 ini Kembali mendapat kepercayaan dari pemerintah dalam hal ini Kemendikbud, menjadi salah satu Sekolah Penggerak. Dengan dua jenis kepercayaan dari pemerintah ini tentu saja menjadi sebuah kesempatan bagi SD Islam Kratif untuk menunjukkan eksistensinya dalam maningkatkan kualitas pelayanan dengan menggulirkan berbagai program sekolah yang kreatif dan berkualitas. Sehingga diharapkan mampu seiring dan sejalan dengan kepercayaaan yang telah diberikan oleh pemerintah tersebut.

Dengan adanya dua kepercayaan tersebut hal ini tentu tidak terlepas dari sumber daya manusia yang berkualitas diantaranya:

a.  Murid yang cukup banyak sekitar 400 siswa;

b.  Tenaga Pendidik 100%  memiliki basic Pendidikan Strata-1 (S1) dan tenaga kependidikan telah menyelesaikan jenjang Pendidikan Strata-1 (S1) sebanyak 95%;

c.   Orang tua dan Komite sekolah yang sangat mendukung pendidikan sehingga terjalin hubungan yang harmonis dengan Lembaga sekolah.;

d.  Yayasan sekolah yang berada di bawah naungan Pengurus Daerah (PD)  Muhammadiyah, Kab. Cianjur.

e.  Pengawas Bina sebagai wakil dari pemerintah (kordik) yang selalu memberikan arahan serta menjalin hubungan baik dengan Kepala Sekolah dan para guru;

f.     Pihak swasta yang turut serta menjalin berbagai MoU/Kerjasama dalam berbagai kegiatan sekolah;

g.   Masyarakat sekitar yang mendukung penuh dan menjalin hubungan harmonis dengan Lembaga.

Dengan sejumlah komponen sumber daya manusia yang berkualitas dan saling mendukung satu sama lain hal ini diharapkan mampu mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah secara maksimal.

 


2.              Modal Sosial

Sebagai sebuah sekolah yang terletak di perkotaan, tentu saja lingkungan sosial menjadi salah satu modal yang kuat dalam mewujudkan sekolah yang kreatif dan unggul. Segala aspek sosial sangat mudah dijangkau dan diakses. Misalnya menjalin hubungan baik dengan berbagai komunitas sosial dengan bidang Pendidikan, misalnya:

a.  Kerjasama dengan ojeg online (ojol) ketika mengantar jemput anak atau keperluan sekolah lainnya, missal pengambilan soal ataupun pengiriman lembar jawaban.

b.  Kemudahan mendapatkan pelayan kesehatan seperti vaksinasi guru dan murid;

c.   Kemudahan perbankan untuk keperluan yang berhubungan dengan kebijakan sekolah;

d.  Kumudahan akses bagi siswa yang mengikuti kegiatan dengan Lembaga kursus nonformal, sanggar seni atau klub olah rasa sehingga sangat menunjang prestasi baik akademik maupun non akademik;

e.  Serta komunitas lainnya yang cukup membantu kemajuan dunia Pendidikan khususnya program sekolah.

 




3.              Modal Fisik (bangunan dan infrastruktur / sarana dan prasarana)

SD Islam Kreatif memiliki sarana berupa bangunan yang permanen karena berada di lingkungan perguruan yang lengkap, di antarannya:

a.     Banguan sekolah yang terintegrasi mulai dari Taman Kanak-kanan, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas (SMA);

b.    Bangunan Tempat Ibadah/Masjid Al Muhajiruun;

c.      Aula Perguruan “Ahmad Dahlan”;

d.    Lapangan/halaman luas untuk Upacara dan kegiatan sekolah (olahraga, mabit, dll) yang cukup luas;

e.     Ruang kantor guru, kepala sekolah dan Tata Usaha;

f.       Ruang UKS

g.     Kamar mandi/jamban/wc dengan perbandingan 1:1 kelas (30 siswa)

h.    Saat ini sedang direncanakan untuk pembangunan ruang laboratorium.

 





4.              Modal Lingkungan

SD Islam Kreatif berada di lingkungan perkotaan yang terus bertumbuh pesat. Baik dalam bidang perniagaan / perdagangan, manufaktur, perbankan, dll. Sehingga kebutuhan masyarakat terhadap Pendidikan ikut terus meningkat seiring dengan perkembangan dalam segala sektor.

Jika semua bidang ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh pihak Lembaga Sekolah (dalam hal ini Kepala Sekolah dan Pimpinan Yayasan) dengan mengaitkan kepada bidang Pendidikan, tentunya hal ini sangat diharapkan  mampu menimbulkan dampak yang baik dan positif terhadap kemajuan bidang Pendidikan secara menyeluruh.

 

5.              Modal Finansial

Sebagai Lembaga Pendidikan swasta yang berada di bawah Yayasan dan organisasi besar (Muhamamdiyah) dan Kordik Kec. Cianjur, maka SD Islam Kreatif memiliki sumber finansial yang cukup kuat untuk mendukung keberhasilan Pendidikan. Sumbere  finansial berasal dari dana BOS dan dana partisipasi dari masyarakat.

Dengan dukungan sumber finansial ini maka banyak kegiatan unggulan yang sudah masuk ke dalam program jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang, di antaranya:

a.  Kegiatan ekstra kurikuler bidang olah raga (bulutangkis, renang, futsal, tapak suci/beladiri), kesenian (paduan suara, sastra, drumband, menggambar dan mewarnai), Polisi Cilik/Pocil serta robotic.

b.  Kegiatan mabit (malam bina iman dan takwa) merupakan perkemahan yang dikemas dengan memadukan unsur Pendidikan kepanduan HW/hizbul wathan dan keagamaan.

c.   Lifeskill kecil, berupa kegiatan belajar di luar lingkungan sekolah (sekitar wilayah kota dan wilayah penyangga kota Cianjur) dan disesuaikan dengan tema di tiap tingkat/kelas. Jika di masa sebelum pandemic kegiatan  lifeskill dilakukan pada bulan Ooktober atau November.

d.  Lifeskill besar, berupa kegiatan di luar sekolah (wisata tematik) yang disesuaikan dengan tema di tiap tingkat/kelas).

e.  Kegiatan perlombaan siswa (FLS2N dan O2SN) mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

f.     Kegiatan lain yang berhubungan dengan Peringatan Hari Besar Nasional/PHBN maupun keagamaan (Islam)/PHBI

 





6.              Modal politik

Dengan akses jalan yang baik dan tidak jauh dari pusat pemerintahan (Gedung DPRD), komplek perkantoran, pusat perniagaan dan perbankan dan  lainnya, maka hal ini dapat dimaksimalkan untuk mendukung pendidikan yang berkemajuan. 

Selain itu, SD Islam Kreatif Muhammadiyah berada di bawah naungan salah satu organisasi besar di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Hal ini menjadi sebuah keuntungan dalam mendapatkan segala akses yang sekiranya dapat meningkatkan kemajuan dalam bidang Pendidikan.

Kemudian kemudahan dalam mendapatkan pelayanan/akses Kesehatan, serta bidang jasa lainnya. Hal ini disebabkan selain dekat dengan pusat-pusat Kesehatan (Klinik Kesehatan, tempat, Praktek dokter, Puskesmas Kecamatan dan Rumah Sakit) juga karena banyak pula orangtua murid yang bekerja di berbagai sektor tersebut. Hal ini tentunya menjadi sebuah asset dan keuntungan yang perlu terus dijaga guna kemajuan dunia Pendidikan dalam konteks luas.

 

7.              Modal Agama dan Budaya

SD Islam Kreatif Muhamamdiyah merupakan sekolah yang berbasis keagamaan kuat (Islam). Sehingga dalam pencapaian target memiliki kekhasan dalam lulusannya, yaitu menghasilkan output/lulusan yang mampu menjadi hafidz/penghafal Al Quran pada Juz ke-30. Salah satu program unggulannya adalah setiap murid mampu menghafal ayat Al Quran dengan program one day one ayat. Shalat duha sebelum pembelajaran setiap hari. Program mengaji setiap hari sesuai dengan kemampuan masing-masing murid (Iqra atau Al Qu’ran).






Sementara itu dalam bidang kebudayaan SD Islaam Kreatif sangat terbuka dan ikut serta dalam melestarikan budaya daerah di antaranya dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan kesenian dan budaya daerah baik untuk peserta didik maupun para tenaga pendidiknya.





Dengan memetakan aset yang dimiliki sekolah semoga dapat dijadikan bahan analisa dan mampu mengukur sejauh mana potensi kekuatan aset yang ada dan dimiliki sekolah. Sehingga hal ini dapat memudahkan untuk pengambil kebijakan untuk mengambil kebijakan dan menjadi dasar unntuk membuat program yang berkemajuan sehingga mampu mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah sehinnga sejalan dengan filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara serta mampu menyumbangkan yang terbaik untuk negeri terutama dalam mewujudkann Profil Pelajar Pancasila.

 

 

Cianjur, 23 September 2021


Tidak ada komentar:

Posting Komentar