SD ISLAM KREATIF MUHAMMADIYAH
RELIGIUS, UNIK, DAN BERKARAKTER DI TENGAH DINAMISASI PERUBAHAN ZAMAN
Oleh: Dedi Saeful Awar
Calon Guru Penggerak Angkatan-2,
Kabupaten Cianjur
Di tengah arus globalisasi yang tak
dapat dibendung, hal ini membuat semua lini kehidupan bergerak dengan cepat.
Pekembangan teknologi informasi tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan
manusia. Hal ini pula yang menjadi sebuah dilemma yang tidak dapat dihindari.
Betapa tidak? Dengan derasnya perubahan zaman ini mau tidak mau manusia harus
dapat bertahan di tengah gempuran teknologi yang telah mengambil-alih peran
manusia di dalamnya. Saat ini tak
sedikit, banyak sektor pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia telah
tergantikan dengan mesin dan teknologi (baca:robot).
Banyak yang menggadang-gadangkan
bahwa robot itu lebih cepat, gesit, pintar, akurat dan kelebihan kompetensi
lainnya yang melebihi kemampuan manusia. Tetapi sepintar-pintarnya robot,
tetaplah manusia memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh robot, yaitu: hati
dan pikiran! Dengan demikian, sebagai makhluk-Nya yang dianugrahi hati (kalbu)
dan pikiran setidaknya manusia harus beryukur dan terus menyalakan cahaya di
dalam kalbu dan pikirannya. Salah satunya adalah dengan memberikan Pendidikan yang
membetuk jiwa yang sehat dan berkarakter positif yaitu Pendidikan yang berbasis
keagamaan dan memiliki visi membentuk Profil Pelajar Pancasila.
Seiring dengan tuntutan zaman
tersebut, maka SD Islam Kreatif Muhammadiyah telah siap dan terus berbenah diri.
Hal ini tentu saja untuk menjawab segala perubahan yang sangat dinamis agar
menjadi Lembaga Pendidikan yang dipercaya masyarakat dan pemerintah dalam
menghasilkan generasi yang Cerdas, Kreatif, Reliji, dan, Juara seiring dengan
cita-cita dan filosofi Pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara
bahwa Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan
yang diyakini dapat menciptakan manusia Indonesia yang beradab.
Sebagai sekolah yang berada di pusat perkotaan
dengan letak yang strategis di bilangan Jalan KH. Abdullah bin Nuh, No. 64,
tentu merupakan sebuah keuntungan. Berikut pemetaan 7 aset yang dimiliki SD
Islam Kreatif Muhamamdiyah Cianjur.
1.
Sumber Daya Manusia (SDM)
Sekolah Dasar Islam Kreatif menjadi sekolah swasta rujukan Nasional
di Kabupaten Cianjur dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sejak tahun
2018. Kemudian pada tahun 2020 ini Kembali mendapat kepercayaan dari pemerintah
dalam hal ini Kemendikbud, menjadi salah satu Sekolah Penggerak. Dengan dua
jenis kepercayaan dari pemerintah ini tentu saja menjadi sebuah kesempatan bagi
SD Islam Kratif untuk menunjukkan eksistensinya dalam maningkatkan kualitas pelayanan
dengan menggulirkan berbagai program sekolah yang kreatif dan berkualitas.
Sehingga diharapkan mampu seiring dan sejalan dengan kepercayaaan yang telah
diberikan oleh pemerintah tersebut.
Dengan adanya dua kepercayaan tersebut hal ini tentu tidak
terlepas dari sumber daya manusia yang berkualitas diantaranya:
a. Murid yang cukup banyak sekitar 400 siswa;
b. Tenaga Pendidik 100% memiliki basic Pendidikan Strata-1 (S1) dan tenaga kependidikan telah
menyelesaikan jenjang Pendidikan Strata-1 (S1)
sebanyak 95%;
c. Orang tua dan Komite sekolah yang
sangat mendukung pendidikan sehingga terjalin hubungan yang harmonis dengan
Lembaga sekolah.;
d. Yayasan sekolah yang berada di bawah
naungan Pengurus Daerah (PD)
Muhammadiyah, Kab. Cianjur.
e. Pengawas Bina sebagai wakil dari
pemerintah (kordik) yang selalu memberikan arahan serta menjalin hubungan baik
dengan Kepala Sekolah dan para guru;
f. Pihak swasta yang turut serta
menjalin berbagai MoU/Kerjasama dalam berbagai kegiatan sekolah;
g. Masyarakat sekitar yang mendukung
penuh dan menjalin hubungan harmonis dengan Lembaga.
Dengan sejumlah komponen sumber daya manusia yang berkualitas
dan saling mendukung satu sama lain hal ini diharapkan mampu mewujudkan visi,
misi dan tujuan sekolah secara maksimal.
2.
Modal Sosial
Sebagai
sebuah sekolah yang terletak di perkotaan, tentu saja lingkungan sosial menjadi
salah satu modal yang kuat dalam mewujudkan sekolah yang kreatif dan unggul.
Segala aspek sosial sangat mudah dijangkau dan diakses. Misalnya menjalin hubungan
baik dengan berbagai komunitas sosial dengan bidang Pendidikan, misalnya:
a. Kerjasama dengan ojeg online
(ojol) ketika mengantar jemput anak atau keperluan sekolah lainnya, missal pengambilan
soal ataupun pengiriman lembar jawaban.
b. Kemudahan mendapatkan pelayan kesehatan
seperti vaksinasi guru dan murid;
c. Kemudahan perbankan untuk keperluan
yang berhubungan dengan kebijakan sekolah;
d. Kumudahan akses bagi siswa yang
mengikuti kegiatan dengan Lembaga kursus nonformal, sanggar seni atau klub olah
rasa sehingga sangat menunjang prestasi baik akademik maupun non akademik;
e. Serta komunitas lainnya yang cukup
membantu kemajuan dunia Pendidikan khususnya program sekolah.
3.
Modal Fisik (bangunan dan infrastruktur / sarana dan
prasarana)
SD Islam Kreatif
memiliki sarana berupa bangunan yang permanen karena berada di lingkungan
perguruan yang lengkap, di antarannya:
a. Banguan sekolah yang terintegrasi
mulai dari Taman Kanak-kanan, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga
Sekolah Menengah Atas (SMA);
b. Bangunan Tempat Ibadah/Masjid Al
Muhajiruun;
c. Aula Perguruan “Ahmad Dahlan”;
d. Lapangan/halaman luas untuk Upacara
dan kegiatan sekolah (olahraga, mabit, dll) yang cukup luas;
e. Ruang kantor guru, kepala sekolah dan
Tata Usaha;
f. Ruang UKS
g. Kamar mandi/jamban/wc dengan
perbandingan 1:1 kelas (30 siswa)
h. Saat ini sedang direncanakan untuk
pembangunan ruang laboratorium.
4.
Modal Lingkungan
SD Islam Kreatif berada di lingkungan perkotaan yang terus
bertumbuh pesat. Baik dalam bidang perniagaan / perdagangan, manufaktur,
perbankan, dll. Sehingga kebutuhan masyarakat terhadap Pendidikan ikut terus
meningkat seiring dengan perkembangan dalam segala sektor.
Jika semua bidang ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh
pihak Lembaga Sekolah (dalam hal ini Kepala Sekolah dan Pimpinan Yayasan) dengan
mengaitkan kepada bidang Pendidikan, tentunya hal ini sangat diharapkan mampu menimbulkan dampak yang baik dan positif
terhadap kemajuan bidang Pendidikan secara menyeluruh.
5.
Modal Finansial
Sebagai Lembaga Pendidikan swasta yang berada di bawah Yayasan
dan organisasi besar (Muhamamdiyah) dan Kordik Kec. Cianjur, maka SD Islam Kreatif
memiliki sumber finansial yang cukup kuat untuk mendukung keberhasilan Pendidikan.
Sumbere finansial berasal dari dana BOS
dan dana partisipasi dari masyarakat.
Dengan dukungan sumber finansial ini maka banyak kegiatan
unggulan yang sudah masuk ke dalam program jangka pendek, menengah, hingga
jangka panjang, di antaranya:
a. Kegiatan ekstra kurikuler bidang olah
raga (bulutangkis, renang, futsal, tapak suci/beladiri), kesenian (paduan
suara, sastra, drumband, menggambar dan mewarnai), Polisi Cilik/Pocil
serta robotic.
b. Kegiatan mabit (malam bina iman dan takwa)
merupakan perkemahan yang dikemas dengan memadukan unsur Pendidikan kepanduan HW/hizbul
wathan dan keagamaan.
c. Lifeskill kecil, berupa kegiatan belajar di
luar lingkungan sekolah (sekitar wilayah kota dan wilayah penyangga kota Cianjur)
dan disesuaikan dengan tema di tiap tingkat/kelas. Jika di masa sebelum pandemic
kegiatan lifeskill dilakukan pada
bulan Ooktober atau November.
d. Lifeskill besar, berupa kegiatan di luar
sekolah (wisata tematik) yang disesuaikan dengan tema di tiap tingkat/kelas).
e. Kegiatan perlombaan siswa (FLS2N dan
O2SN) mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.
f. Kegiatan lain yang berhubungan dengan
Peringatan Hari Besar Nasional/PHBN maupun keagamaan (Islam)/PHBI
6.
Modal politik
Dengan akses jalan yang baik
dan tidak jauh dari pusat pemerintahan (Gedung DPRD), komplek perkantoran, pusat
perniagaan dan perbankan dan lainnya,
maka hal ini dapat dimaksimalkan untuk mendukung pendidikan yang
berkemajuan.
Selain itu, SD Islam Kreatif Muhammadiyah berada di bawah
naungan salah satu organisasi besar di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Hal ini
menjadi sebuah keuntungan dalam mendapatkan segala akses yang sekiranya dapat
meningkatkan kemajuan dalam bidang Pendidikan.
Kemudian kemudahan dalam mendapatkan pelayanan/akses Kesehatan,
serta bidang jasa lainnya. Hal ini disebabkan selain dekat dengan pusat-pusat Kesehatan
(Klinik Kesehatan, tempat, Praktek dokter, Puskesmas Kecamatan dan Rumah Sakit)
juga karena banyak pula orangtua murid yang bekerja di berbagai sektor tersebut.
Hal ini tentunya menjadi sebuah asset dan keuntungan yang perlu terus dijaga
guna kemajuan dunia Pendidikan dalam konteks luas.
7.
Modal Agama dan Budaya
SD Islam
Kreatif Muhamamdiyah merupakan sekolah yang berbasis keagamaan kuat (Islam). Sehingga
dalam pencapaian target memiliki kekhasan dalam lulusannya, yaitu menghasilkan
output/lulusan yang mampu menjadi hafidz/penghafal Al Quran pada Juz ke-30. Salah
satu program unggulannya adalah setiap murid mampu menghafal ayat Al Quran
dengan program one day one ayat. Shalat duha sebelum pembelajaran setiap
hari. Program mengaji setiap hari sesuai dengan kemampuan masing-masing murid
(Iqra atau Al Qu’ran).
Sementara itu dalam bidang kebudayaan
SD Islaam Kreatif sangat terbuka dan ikut serta dalam melestarikan budaya
daerah di antaranya dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan kesenian dan
budaya daerah baik untuk peserta didik maupun para tenaga pendidiknya.
Dengan memetakan aset yang dimiliki sekolah
semoga dapat dijadikan bahan analisa dan mampu mengukur sejauh mana potensi
kekuatan aset yang ada dan dimiliki sekolah. Sehingga hal ini dapat memudahkan
untuk pengambil kebijakan untuk mengambil kebijakan dan menjadi dasar unntuk
membuat program yang berkemajuan sehingga mampu mewujudkan visi, misi dan tujuan
sekolah sehinnga sejalan dengan filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara serta mampu
menyumbangkan yang terbaik untuk negeri terutama dalam mewujudkann Profil Pelajar
Pancasila.
Cianjur, 23 September 2021
Tidak ada komentar:
Posting Komentar